Thursday, April 6, 2017

KARYA ILMIAH PELUANG BISNIS

PELUANG BISNIS PRINTER ONLINE

logo_amikom_full_color
UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA
OLEH :
NAMA : RAHMAT HIDAYAT
NIM: 16.11.0142
ABSTRAK
            Karya ilmiah ini di latar belakangi oleh tingkah laku manusia pada saat ini, khusunya para mahasiswa yang sangat membutuhkan yang namannya printer. Kenapa dengan printer ? ini adalah pertanyaan yang sangat bagus, kita lihat pada saat sekarang bahwa semua orang sangat tergantung dengan koneksi internet, seolah-olah hidupnya hampa tampa internet, mengapa demikian ? tentunya karna kita sudah di zaman teknologi yang sangat canggih. Lalu apa hubungannya dengan bisnis ? tentu ini menjadi peluang bisnis bagi kita yang bias memanfaatkan teknologi pada saat ini, seperti yang saya dengar pada saat kuliah bisnis sub. Lingkungan teknologi sang  pemateri memaparkan sebuah argument yaitu siapapun yang menguasai teknologi dialah yang akan menguasai dunia. Di karya ilmiah ini saya akan membahas tentang peluang bisnis melalui printer online, tapi sebelum kita memulai bisnis kita terlebih dahulu harus tau apa bisnis yang akan kita jalani ? bagaimana prosedur jalannya bisnis ini? Apa kebutuhan yang kita butuhkan? Berapa total biaya ?  kelebihan dan kelemahan pada bisnis kita serta siapa saja target konsumen kita. Mungkin teman-teman semua akan berkata “ apakah sebanyak itu yang harus kita ketahui ? “ tentu iya kalau kita mau berbisnis, tanpa perencanaan yang matang maka bisnis kita akan hancur . oleh karna itu saya sebagai penulis karya ilmiah ini akan mengemukakan seluruh pertanyaan yang berada di atas.
ISI/PEMBAHASAN
            Sebelum kita masuk pada isi pada artikel ini marilah kita pahami dulu apa saja pengertian-pengertian yang akan kita harus ketahui  dalam bisnis printer online ini. bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa inggris (business), dari kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. Printer adalah perangkat keras komputer (hardware) yang berfungsi untuk mencetak dokumen yang ada dalam komputer. Dokumen tersebut bisa berupa teks biasa atau dengan gambar. Biasanya, printer digunakan untuk mencetak dokumen penting perusahaan, atau juga dokumen penting instansi sekolah, pemerintah dan banyak lagi. Intinya, printer komputer memiliki fungsi untuk mencetak dokumen/file dari komputer. Online adalah istilah saat kita sedang terhubung dengan internet atau dunia maya, baik itu terhubung dengan akun media sosial kita, email dan berbagai jenis akun lainnya yang kita pakai atau gunakan lewat internet. Jadi setelah kita melihat beberapa pengertain diatas kita akan lebih mudah memahami bisnis kita . lalu apa bisnis online tersebut ? Bisnis Online adalah suatu kegiatan atau aktifitas yang dilakukan di media internet untuk menghasilkan uang. Seperti halnya sebuah kegiatan bisnis di kehidupan nyata, bisnis online yang di jalankan via Internet ini pun memiliki tujuan yang sama yaitu menghasilkan suatu keuntungan. Mungkin teman-teman sudah sangat memahami bisnis ini, lalu kita ke pertanyaan selanjutnya, bagaimana prosedur menjalankan bisnis ini. Bisnis online memang tidak mudah tapi kita harus berani mengambil resiko , tanpa keberanian maka kita tidak akan pernah tau proses dan hasil yang kita dapatkan.  Selanjutnya yuk kita bahas apa saja kebutuhan-kebutuhan dalam bisnis kita dan berapa biaya yang akan kita keluarkan :
KEBUTUHAN DAN BIAYA
No Nama Barang Jumlah Harga Link harga
1. Laptop / PC 1
2. Printer 1 Rp. 950.000 http://www.pricebook.co.id/Epson-ME340/99/PD_00032098
3. Motor 1
4. Handphone 1
5. Biaya Koneksi Rp. 100.000
6. Kertas HVS F4 1 Rp. 46,000/rim http://forum-harga.blogspot.nl/2016/08/daftar-harga-kertas-hvs-2016-atk.html
7. Kertas HVS A4 1 Rp 32,500/rim http://forum-harga.blogspot.nl/2016/08/daftar-harga-kertas-hvs-2016-atk.html
8. Kertas HVS A3 1 Rp. 75,000/rim http://forum-harga.blogspot.nl/2016/08/daftar-harga-kertas-hvs-2016-atk.html
TOTAL BIAYA Rp. 1.203.500






            Teman-teman mungkin bertannya kenapa di  laptop/PC dan motor saya tidak memberikan biaya disana, karena kita ketahui sendiri kebanyakan setiap orang sudah memiliki alat atau barang tersebut, apalagi mahasiswa yang tentunya sangat membutuhkan yang namannya laptop/pc dan motor.
PROSEDUR BISNIS
vdvid
            kita coba cermati gambar di atas, gambar ini adalah prosedur bagaimana bisnis ini akan berjalan, saya akan menjelaskan prosedur tersebut, jadi pertama pelanggan akan menghunbungi kita melalui media sosial maupun non media sosial , setelah itu kita akan melakukan negosiasi berapa biaya yang akan di keluarkan pelanggan , apabila negosiasi lancar maka pelanggan akan mengirimkan file nya ke saya melalui media sosial , setelah file di kirim saya akan mengunduh file tersebut mengecek isi file tersebut supaya tidak ada kesalahan, selanjutnya file di print/cetak dan mengirimkannya ke pelannggan.
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN BISNIS
Kelebihan :
  • Bisa dilakukan di kos sendiri
  • Menghemat waktu daripada kerja part time
  • Biaya cukup murah
  • Tidak membutuhkan karyawan
Kekurangan  :
  • Harus ada koneksi internet
  • Apabila lokasi pelanggan jauh maka akan memakan banyak waktu
  • Yang namannya online maka mudah akan terjadinnya penipuan
  • Kesalahan dalam hasil percetakan
TARGET BISNIS
            Target bisnis :
  • Teman kelas
  • Mahasiswa satu kampus tapi beda kelas
  • Teman kos
  • Umum
STERATEGI PEMASARAN
            Sterategi pemasaran :
  • Melalui media sosial
  • Mulut ke mulut
REFRENSI BLOG/ARTIKEL

No comments:

Post a Comment

TOP Virus Komputer Paling Mematikan Di Dunia

TOP Virus Komputer Paling Mematikan Di Dunia    Selamat pagi Guys, kembali lagi saya memposting sebuah Artikel Tentang   "...