Thursday, April 6, 2017

KARYA ILMIAH PELUANG BISNIS

PELUANG BISNIS DESAIN ONLINE/OFFLINE

logo_amikom_full_color
UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA
OLEH :
NAMA : RAHMAT HIDAYAT
NIM: 16.11.0142
ABSTRAK
            Karya ilmiah ini saya tulis karena melihat peluang mengenai desain pada saat ini memang begitu booming sekali, entah itu desain pakaian,poster,binner sampai dengan desain poto juga. Dari sinilah saya berpikiran sebagai penulis untuk memberikan gambaran bisnis desain ini kepada para pembaca. Mungkin teman-teman semua ada yang jago photoshop,coral draw maupun software-software editing lainnya, dan teman-teman mau menghasilkan uang lewat kemampuan teman-teman sendiri tanpa uang. Emang bisa ? caranya bagaimana? Di  dunia ini semua pasti bisa, akantetapi terkadang kita yang malas untuk mencapai kata bisa tersebut. Oleh karena itu mari teman-teman simak dengan baik-baik karya ilmiah saya ini. Semoga bermanfaat bagi semua
ISI/PEMBAHASAN
            Sebelum teman-teman  lebih jauh membaca karya ilmiah ini , tentunya seperti biasa pada artikel/karya ilmiah saya yang pertama yaitu saya akan menjelaskan apa itu desain secara garis besar.
Pengertian :
Desain biasa diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata “desain” bisa digunakan, baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja, “desain” memiliki arti “proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru”. Sebagai kata benda, “desain” digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk benda nyata.
Bagaimana cara menghasilkan uang melalui desain?
bisnis-tanpa-uang
            Oke disini saya akan menjelaskan prosedur bisnis tanpa uang, coba teman-teman lihat gambar di atas, prosedurnya yaitu pelanggan/konsumen apabila ingin memesan jasa pembuatan desain dari kita ialah melalui kontak maupun social media, selanjutnya saya dan pelanggan akan melakukan negosiasi bagaimana desain yang di minta, entah desain poster,poto,banner dan lainnya , di proses ini juga kita akan menentukan tarif desain nya berapa , namun kebiasaan orang ialah semakin rumit desain yang di minta maka semakin mahal juga bayaran yang akan di penuhi. Apabila proses ini selesai maka saya akan membuat desain tersebut, setelah desain selesai maka saya akan melihatkan/mengirimkan desain yang di minta ,apabila dia setuju terhadap desain tersebut maka pelanggan akan mentransfer uang ke saya , selanjutnya saya akan mencetak desain tersebut dengan uang yang telah di transfer. Apabila desain sudah di cetak maka saya akan mengirimkan desain tersebut , kalau tempatnya dekat maka saya akan mengantar sendiri akan tetapi kalau tempatnya jauh maka saya akan menggunakan jasa pengiriman. Bagaimana teman-teman ? bagaimana teman-teman prosesnya begitu mudah kan. Apalagi bagi para desainer-desainer muda yang sangat handal, mungkin ini hanya di bilang sangat mudah. Apabila teman-teman ingin membuka usaha ini maka sebaiknya saya sarankan untuk belajar photoshop maupun software editing lainnya, supaya teman-teman dengan mudah mengerjakan usaha ini.
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN BISNIS
Kelebihan :
  • Bisa dilakukan di kos maupun tempat-tempat umum
  • Bisa di kerjakan sendiri
  • Tanpa modal
  • Hanya bermodal laptop
Kekurangan  :
  • Harus mempunyai kreatifitas yang tinggi
  • Harus teliti dalam membuat karya
  • Memahami desain
  • Harus bisa desain
TARGET BISNIS
            Target bisnis :
  • Teman kelas
  • Mahasiswa
  • Teman kos
  • Umum
STERATEGI PEMASARAN
            Sterategi pemasaran :
  • Melalui media sosial
  • Mulut ke mulut
  • Door to door
  • Melalui website
PENUTUP
          Desain memang sangat familiar saat ini, maka dari itu seandainya teman-teman sudah bisa membuat desain, maka itu sudah modal yang sangat cukup dalam menjalankan usaha ini, apalagi di zaman ini ada namannya youtube untuk mencari toutorial yang mungkin bisa bermanfaat untuk teman-teman semua. Apabila kita menguasai teknologi maka kita bisa menguasai dunia.
SALAM ENTERPRENEUR BUAT TEMAN-TEMAN SEMUA


REFRENSI BLOG/ARTIKEL
  • Pemikiran Sendiri
  • M. Suyanto. 2005. 11 RAHASIA MEMULAI BISNIS TANPA UANG. Yogyakarta : C.V ANDI OFFSET (Penerbit ANDI)
  • M. Suyanto. 2011. SMART IN INTERPRENEUR. Yogyakarta : C.V ANDI OFFSET (Penerbit ANDI)
  • Suyanto. 2007. REVOLUSI STRATEGIS. Yogyakarta : C.V ANDI OFFSET (Penerbit ANDI)
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Desain

No comments:

Post a Comment

TOP Virus Komputer Paling Mematikan Di Dunia

TOP Virus Komputer Paling Mematikan Di Dunia    Selamat pagi Guys, kembali lagi saya memposting sebuah Artikel Tentang   "...